Senin, 27 Mei 2013

Dunia wayang di dunia nyata..

Menyikapi situasi budaya jawa yang beragam terutama dunia wayang memang sarat dengan filosofi. Wayang adalah media dakwah penyebaran islam oleh para wali songo saat itu khususnya di jawa dwipa.. Karena latar belakang masyarakat jawa masih bernuansa Hindu maka strategi wayang kulit mengalir di tengah masyarakat dari para raja sampai rakyat jelata. 

 Sampai sekarang pun wayang kulit masih menjadi tontonan rakyat yang mendapat respon di tengah sosial budaya masyarakat.Maka munculah dalang - dalang seperti Ki Hadi sugito dari jogja, Ki Anom suroto dari klaten,Ki Manteb sudarsono dan yang terkenal sebagai dalang nyleneh adalah Ki Joko hadiwijoyo dari semarang dan Ki Enthus susmono dari kota Tegal jawa tengah dll.


Secara tidak langsung justru para dalang itulah yang serius dalam melestarikan wayang. Sehingga dunia wayang juga ikut mewarnai kancah sosial politik di indonesia dan negara tetangga. Sebagai generasi muda haruslah bangga dengan budaya sendiri sebagai jati diri bangsa yang terkenal budaya timurnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar